Legenda Batu Qur'an Pandeglang Banten

Dari namanya pastilah yang terbayang adalah sebuah batu di mana terdapat tulisan ayat suci Al Qur’an. Apakah tulisan ayat suci al-Qur’an pada batu itu dapat dilihat dengan kasat mata? Saya jadi penasaran ingin melihat secara langsung.

Lokasi Batu Qur’an terletak di kaki Gunung Karang, tepatnya di Desa Kadubumbang, Kecamatan Cimanuk, Kabupaten Pandeglang. Lokasinya berada di kolam pemandian yang sangat sederhana. Kebersihannya juga kurang diperhatikan. Di sebelah kanannya ada pemandian untuk wanita. Konon jika liburan panjang, orang berdatangan ke pemandian ini hingga antre.

Menurut cerita penjaga pemandian Cibulakan, air kolam pemandian yang dalamnya hanya sekitar 1 meter hingga dasar kolam tak bisa kering sekalipun musim kemarau berlangsung panjang. Dan konon pengeringan kolam pernah dilakukan sebelumnya untuk meneliti keberadaan batu Qur’an tersebut, dan anehnya air kolam tidak pernah mau kering.

Walaupun disedot pipa air bertekanan ratusan kubik per jam.Ketika ziarah di Cibulakan dengan naik mobil kecil angkutan karena bus tidak bisa masuk, saya langsung mendatangi lokasi di mana Batu Qur’an itu berada. Ternyata mata telanjang saya sama sekali tidak bisa melihat tulisan ayat suci al-Qur’an pada batu tersebut

Selain batu tersebut terendam dalam kolam air, permukaan batu juga sudah ditumbuhi lumut. MUngkin lumut tersebut sudah menutupi tulisan al-Qur’an.

Menurut seorang penjaga, secara kasat mata batu tersebut akan terlihat seperti batu pada umumnya. Dan katanya, dengan cara apapun dan dengan alat apapun tidak akan bisa terlihat tulisan al-Qur’an di batu tersebut.

“Tulisan Al Qur’an pada batu itu hanya bisa dilihat dengan mata batin,” katanya. Itu artinya, lanjut Sodiqin, hanya orang dengan hati dan jiwa yang bersih bisa melihat tulisan al-Qur’an pada batu tersebut. Itupun terlebih dahulu harus melakukan beberapa proses ritual, seperti berpuasa, shalat, dzikir dan memanjatkan doa kepada Allah SWT. “Sebab, hanya atas izin Allah seseorang bisa melihat,” tambahnya.

Sebagian peziarah yang datang meyakini air dari kolam Batu Qur’an memiliki khasiat sebagai obat. Kemudian, bagi yang bisa menyelam dan berenang sambil mengitari batu Qur’an sebanyak tujuh kali, permintaannya akan terkabul. Masih banyak hal-hal lain yang diyakini para peziarah.

Air kolam Cibulakan bisa dijadikan media penyembuhan beragam bentuk penyakit, semua cerita itu dari mulut ke mulut sehingga Cibulakan jadi termasyur, banyak hal bahwa batu Qur’an yang ada di kolam Cibulakan merupakan peninggalan Ki Mansyur, seorang ulama terkenal di zaman Kesultanan Banten abad ke-15.

Dengan nilai kesejarahan yang ada tempat ini layak menjadi salah satu tujuan obyek wisata Kabupaten Pandeglang. Sangat diharapkan juga pihak pengelola dapat meningkatkan sarana dan prasarana tempat wisata religi ini sehingga kunjungan wisatawan terus dapat terus meningkat sehingga ekonomi lokal pun ikut terbangun.

Wallohu a’lam.


Share this article:
 

Poskan Komentar

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2011. Zona Populer - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger